Sunday, September 1, 2013

makalah Komponen Bahan Ajar

PEMBAHASAN
A.    Komponen Bahan Ajar Bahasa Arab

            Bahan ajar selain harus dirancang secara sistematis, juga harus dilengkapi dengan komponen komponen yang dapat menjunjung proses belajar mengajar sehingga dapat mengantarkan peserta didik kepada tujuan yag telah ditentukan.
            Komponaen bahan ajar menurut pannen (2003:13) terdiri dari tiga komponen inti, yaitu komponen utama, komponen pelengkap dan komponen evaluasi hasil belajar. Komponen utama berisi informasi atau topik utama yang ingin disampaikan kepada siswa, atau harus dikuasai siswa. Umumnya bahan ajar utama berbentuk bahan ajar cetak. Sedangkan komponen pelengkap dapat berupa informasi atau topik tambahan yang berintegrasi dangan bahan ajar utama berbentuk bahan ajar cetak. Sedangkan komponen pelengkap dapat berupa informasi atau topik tambahan yang terintegrasi dengan bahan utama, atau informasi atau topik pengayaan wawasan siswa. biasanya komponen pelengkap terdiri dari bahan pendukung cetak (materi pengayaan, bacaan, jadwal, silabus), bahan pendukung non cetak (kaset, CD, VCD), panduan siswa, panduan guru, dan lain-lain yang diperlukan siswa untuk mempelajari suatu topik yang disajikan melaluikomponen pelengkap terdiri dari bahan pendukung cetak (materi pengayaan, bacaan, jadwal, silabus), bahan pendukung non cetak (kaset, CD, VCD), panduan siswa, panduan guru, dan lain-lain yang diperlukan siswa untuk mempelajari suatu topik yang disajikan melalui beragam media. Adapun komponen evaluasi hasil belajar terdiri dari perangkatsoal atau butir tes atau alat evaluasi hasil belajar non tes yang dapat digunakan untuk tes formatif siswa selama proses pembelajaran Bahasa Arab dan tes sumatif siswa pada akhir semester.
            Selanjutnya beberapa ahli seperti Dick dan Carey (1990), Dageng (1990), Dageng (1990, 1997), Taringan (1990) dan Suparman (1993), menjelaskan pedoman pengembangan buku ajar adalah terpenuhinya komponen-komponen bahan ajar yang relevan dengan kebutuhan proses belajar-mengajar, seperti adanya:
1.      Petunjuk penggunaan buku ajar,
2.      Rujuan umum dan khusus  pembelajar,
3.      Epitome (kerangka isi).,
4.      Uraian isi bahan pembelajaran,
5.      Gambar/ilustrasi,
6.      Rangkuman,

7.      Soal latihan, kunci jawaban, balikan




No comments:

Post a Comment