PROPOSAL USAHA
Mnj. Kewirausahaan
Di Susun Oleh :
Panji Aditya -
011007120
Program Studi Manajemen Pemasaran
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan
Bogor
Latar
Belakang
Suatu usaha bermula dari kreatifitas maka akan
terciptalah suatu ide usaha yang sangat kreatif, menjalankan bisnis kecil atau
besar dimulai titik nol. Bukti mengatakan bahwa usaha besar berawal atau
dimulai dari yang kecil merupakan langkah awal untuk jadi pengusaha besar, dan
semua itu diperlukan waktu, pengalaman, dan cara mengelolanya.
Selain
itu setiap awal usaha pasti mempunyai resiko, keuntungan dan rugi. Banyak
manfaat yang didapat dari memiliki dan mengelola bisnis seperti : Restaurant,
Merchandise dan lain sebagainya. Merupakan salah satu usaha yang bermanfaat
baik dari segi kemandirian dan modal usaha sendiri. Modal usaha yang diperlukan
untuk membuka usaha itu tidaklah sulit hanya saja kita harus mempunyai
kreatifitas dan kemauan untuk mendalami bidang tersebut.
Hal
yang membuat atau mendorong untuk menuangkan ide usaha itu sendiri. Karena
adanya beberapa hal antara lain :
- Keinginan sendiri untuk
membuka usaha.
- Membangun
usaha sendiri mengelolanya sendiri dan berkeinginan untuk mandiri.
- Memiliki
kemampuan dalam mengorganisasikan ide.
- Memiliki naluri usaha.
- Berdedikasi
pada bisnis atau usahanya.
Maksud
dan Tujuan Usaha
Maksud dalam pembuatan Makalah Proposal ini tidak
lain untuk memenuhi tugas mata perkuliahan Manajemen Kewirausahaan ada pun
tujuan dalam Tugas Makalah Proposal ini perencanaan bisnis, yaitu :
- Mengestimasikan
pemikiran kita dalam hal perencanaan bisnis yang sangat menjanjikan.
- Merealisasikan
teori perkulihaan Manajemen
Kewirausahaan dalam praktek
lapangan kerja atau berwirausaha sendiri yang sesungguhnya.
- Mengetahui
dan memahami seluk beluk tentang kewirausahaan membuka usaha sendiri
sebagai modal untuk membangun kreatifitas.
Marketing
Mix
A. Product
v Nama Produk
Produk
kami berjenis Kue, yaitu Brownies yang berisi buah dengan kualitas buah-buahan
yang segar dan manis dan dijamin enak dan lezat rasanya.
v Merk Produk
Untuk
nama Brand usaha kami diberi nama yaitu Kue Brownies Kita ( KBK )
v Kemasan
Dalam
produk yang kami jual ini tidak terlalu sulit untuk pengemasannya hanya
dibutuhkan dus dan cup disesuaikan dengan ukurannya, untuk mempercantik dan membuat produk itu
menarik.
B. Price
Modal :
Sewa tempat / kios : Rp. 5.000.000
Alat – alat perlengkapan : Rp. 3.000.000
( Meja + Kursi + dll )
Bahan baku : Rp. 2.000.000
Listrik + Telp + Dll : Rp. 500.000
Gaji Pegawai 1 Bln : Rp. 1.000.000
TOTAL : Rp. 11.500.000
Keuntungan yg diperkirakan :
1 hr x 25 KBK @ Rp. 20.000 : Rp. 500.000
1 Bln ( 26 hr ) x Rp. 500.000 : Rp. 13.000.000
Break Even Point :
Modal / Laba = 11.500.000 /
1.500.000 : 7.6 Bulan
Jadi
dengan penghitungan Keuangan di atas titik balik BEP yaitu 7 atau 8 Bln sudah
kembali modal kita. Jelas ini adalah bisnis yang sangat menguntungkan.
C. Place
Kami
menjual produk kami ini disekitar tempat yang ramai yang kira – kira orang
dapat melihat toko atau kios kami .
D. Promotion
Promosi
yang kami lakukan dalam menawarkan produk berawal dari sistem pemasaran dan
penjualan yang sederhana berlangsung dari mulut ke mulut, taster serta menerima
pesanan pada acara-acara tertentu.
Aspek Pasar
dan Pemasaran
1.
Segmentation
Sasaran
konsumen dalam bisnis atau usaha kami ini adalah semua masyarakat dalam
dan masyarakat umum, dan sebagai
Wirausaha kami akan selalu berusaha mengembangkan produk kami ini agar dikenal
dan diterima masyarakat.
2. Targeting
Target
pasar Utama kami harus mampu bersaing dan mengalahkan produk-produk yang serupa
namun kami menciptakan inovasi dalam produk yang sejenis.
3. Positioning
Kami
memposisikan produk kami ini sebagai produk sederhana namun mempunyai kualitas rasa
yang baik dan berbeda yang mempunyai daya tarik tersendiri dibangdingkan
produk-produk lain yang sejenis, agar menarik konsumen untuk membelinya.
Kesimpulan
Dan
kami Simpulkan bahwa dalam dunia usaha yang terpenting adalah bagaimana kita bisa
memasarkan produk yang kita pasarkan atau jual yaitu dengan cara menarik
perhatian konsumen untuk membeli produk yang kita tawarkan bahwa produk yang
kita tawarkan sesuai dengan keinginan konsumen dan kualitas yang baik.
Hal ini bertujuan supaya konsumen
Loyality terhadap produk yang ditawarkan, karena konsumen yang puas maka mereka
akan kembali membeli produk yang kita tawarkan dengan sendirinya ini akan
mendatangkan keuntungan bagi suatu usaha kita yang seseuai dengan Misi dan
Target penjualan yang diharapkan.
No comments:
Post a Comment